Adat ngunjungan jawa


ADAT NGUNJUNGAN JAWA


Adat ngungjungan adalah adat masyarakat indonesia khusus nya di jawa, yang melekat sejak dahulu kala asal mulu kata ngunjung adalah “berkunjung” di pemakaman umum, pada saat hari ngunjung setiap 1 tahun sekali diadakan di kompleks pemakaman umum 1 desa atau kelurahan bisa mengatur jadwal ngunjungan masing – masing.


Dan hanya daerah tertentu saja yang hanya mengadakan - nya, biasa nya adat ngunjung ini bertepatan pada bulan oktober dan desember atau masuk nya musim penghujan, adat ngunjung ini mempunyai tujuan untuk mendoa’akan 1 kompleks pemakaman, selain itu juga biasa nya para penduduk membawa nasi dan buah – buahan untuk di serahkan ke penjaga kunci pemakaman.


Lalu si penjaga pemakaman tersebut membagi – bagikan lagi hasil penyerahan tersebut kepada warga sekitar, biasa nya juga masyarakat yang membawah nasi dan buah – buahan tersebut mempunyai keluarga atau saudara yang telah di kubur di pemakaman tersebut, masyarakat juga mengadakan hiburan untuk tontonan nanti malam nya, biasa nya tontonan yang banyak di sewa itu adalah wayang kulit.


Sebelum 1 hari acara ngunjung di mulai anggota dari desa atau kelurahan 1 orang  di tugaskan untuk, memberi tahu masyarakat dengan berjalan kaki mengitari 1 kampung dan unik nya orang yang di tugaskan nya ini berjalan mengitari kampung tanpa memakai sandal, hanya memakai sarung dan pakaian hitam serta blangkon sambil mengumandangkan pengumuman, orang tersebut dinamakan  (kemplu).


Setelah hari ngunjung – nya dimulai ada kompleks pemakaman, yang acara khusus di buka melalui para anggota desa atau kelurahan, seperti ketua kelurahan / desa.

  Dan ada juga acara nya di mulai oleh penjaga pemakaman tersebut, jika ada warga yang mendoakan saudara nya lalu selesai menaburkan bunga, si warga yang sudah mendoa kan nya tersebut mengambil uang rece lalu menaburkan nya ke warga, biasa nya anak – anak menaburkan uang rece ini disebut juga dengan (curak).


berikut video nya, klik di sini !
https://www.youtube.com/edit?o=U&video_id=FZP13u-pLGk

dan

https://www.youtube.com/edit?o=U&video_id=d8d62_DchbA








Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOKOH TOKOH ISLAM YANG MEMILIKI SEMANGAT BERIJTIHAD DAN MENGEMBANGKAN BERBAGAI ILMU PENGETAHUAN , ANTARA LAIN: ILMU FILSAFAT

Sejarah Indonesia Republic Bataaf

Tanda kendaraan bermotor di indonesia